Solusi Logistik E-commerce Perusahaan Demi Kemajuan E-Commerce di Indonesia

Seperti yang Anda ketahui bahwa bisnis e-commerce ini memang sedang berkembang dengan pesat di Indonesia. Nah, pada dasarnya bisnis seperti ini hanya menerapkan dua hal saja seperti sourcing dan juga delivery. Namun, walaupun bisa dikatakan bisnis ini sangat pesat di Indonesia, akan tetapi masih ada juga beberapa hambatan yang terbilang cukup signifikan mengenai perkembangan e-commerce di Indonesia. Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap perusahaan e-commerce untuk mencari solusi e-commerce supply chain management perusahaan sehingga nantinya bisa memajukan bisnis e-commerce dengan lebih baik lagi di Indonesia. Mengenai hal seperti ini maka Anda bisa melihatnya seperti berikut khususnya untuk bisa memajukan lebih baik lagi bisnis e-commerce di Indonesia.

  1. Standarisasi Logistik Khususnya Dalam Proses Pengiriman

Jika berbicara mengenai standarisasi logistik khususnya dalam proses pengiriman tentu masalah yang satu ini tidak sedikit customer yang memang merasa dirugikan dalam pengiriman barang ke alamat tujuan. Hal ini baik itu mulai dari keterlambatan proses pengiriman, kerusakan barang yang dikirim hingga sampai kesalahan pengantaran barang. Hal seperti ini tentu sangat merugikan pihak customer sehingga memang bisa dikatakan kurang sekali standarisasi logistik pada saat proses pengiriman barang. 

Oleh sebab itu, hal seperti ini sangat penting sekali diperhatikan dengan baik dan bisa mengatasi kendala seperti ini sehingga kedepan pihak perusahaan e-commerce di Indonesia bisa jauh lebih baik lagi. Tak hanya itu saja, diharapkan perusahaan e-commerce juga bisa menerapkan sistem pengecekan ulang terhadap standarisasi logistik khususnya dalam proses pengiriman barang.

  1. Menerapkan Alat Pembayaran Selain Rekening

Bisnis e-commerce ini memang pada biasanya menerapkan sistem pembayaran via transfer bukan, seperti transfer bank, kartu kredit hingga kartu debit. Namun, seperti yang Anda ketahui dan lihat bahwa tidak semua orang bisa memiliki rekening bank. Oleh karena itu, dengan adanya kegunaan dari solusi logistik e-commerce perusahaan maka perusahaan tersebut bisa memberikan sistem pembayaran lain selain transfer bank ataupun menggunakan kartu kredit. Nah, seperti halnya saat ini sudah ada banyak perusahaan e-commerce yang menawarkan ataupun menyediakan fitur terbaru seperti COD (cash on delivery) atau dimana pembayaran bisa langsung dilakukan pada saat barang sudah sampai ke alamat Anda melalui pihak delivery.

  1. Kecepatan Koneksi Internet

Berikutnya mengenai kecepatan koneksi internet. Dimana di dalam bisnis e-commerce ini tentu kecepatan internet merupakan suatu hal yang sangat penting dan paling utama. Oleh sebab itu, diperlukan kecepatan koneksi internet yang jauh lebih baik sehingga customer dan lainnya bisa jauh lebih nyaman pada saat mengakses. Untuk itu, sebagai solusi logistik e-commerce perusahaan diharapkan bisa melakukan perbaikan dan juga meningkatkan koneksi internet, sebab di Indonesia kecepatan koneksi internet memang termasuk masih lambat jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *