Bagaimana cara membedakan besi beton polos dan besi beton ulir?

Kebutuhan besi beton sebagai material penting untuk membangung bangunan, rumah hingga konstruksi-konstruksi yang membutuhkan besi. Besi beton bisa anda dapatkan di penjual bahan yang berkaitan dengan pembangunan bangunan. Besi beton sebenarnya lebih dikenal dengan reinforcement steel bar atau disingkat rebar. Tanpa besi beton maka bangunan tidak akan awet dan akan mudah rusak. Jika terjadi goncangan akan sangat mempengaruhi ketahanan bangunan jika tidak menggunakan besi beton. Sehingga kedua besi ini memiliki fungsi utama dalam sebuah pembangunan. Lalu bagaimana cara membedakan besi beton polis dan besi beton ulir? Ada beberapa hal yang dapat anda gunakan sebagai acuan untuk membedakan keduanya misalnya dari kegunaan, ukuran, dan ketahanannya. 

Besi beton ulir dan besi beton polos

Pada umumnya besi beton memiliki dua jenis yaitu plain bar (besi beton polos) dan deformed bar (besi beton ulir). Ciri-ciri kedua jenis beton ini adalah besi polos mempunyai permukaan yang lebih licin dan berbentuk bulat untuk penampangnya. Sedangkan besi beton ulir memiliki ciri dengan bentuk sirip dengan pola tertentu. Pola dari besi beton ulir ini akan berbeda tergantung perusahaan yang membuatnya. 

Fungsi besi beton ulir dan besi beton polos

Besi polos lebih jarang digunakan dibandingkan besi beton ulir. Besi polos digunakan untuk keperluan penambahan lapisan besi ulir sebagai tulang beton. Besi ulir lebih banyak digunakan. pembuatan sirip pada besi beton ulir untuk menambah daya kuat yang berfungsi untuk menahan gerakan dari setiap batang. Pemasangan besi beton ulir sangat susah, karena besi ini memiliki ketahanan yang kuat ketika ingin dibentuk dibandingkan dengan besi polos yang sangat mudah untuk dibengkokan. Kedua besi beton ini bisa digunakan secara bersama-sama,

Ketahanan dari besi beton polos hanya 240 Mpa sedangkan besi beton ulir mencapai hingga 400 Mpa. Tempat membeli besi beton polos juga lebih mudah, anda hanya perlu mencari di tempat penjual besi eceran. Besi beton ulir dijual oleh distributor khusus yang besar dengan penjualan dalam jumlah yang besar juga. 

Harga besi beton ulir dan besi beton polos

Harga kedua jenis besi beton ini sangat berbeda. Besi beton ulir memiliki harga yang lumayan mahal ketimbang besi beton polos. Besi beton ulir agak mahal karena untuk bangunan yang tinggi sedangkan besi beton polos bisa digunakan untuk bangunan yang tidak membutuhkan besi beton yang kuat. 

Standarisasi dari besi beton 

SNI atau Standar Nasional Indonesia akan sangat menentukan kualitas besi tersebut. Ada banyak besi yang tidak masuk kategori SNI. Sehingga anda harus lebih memperhatikan hal ini sebelum membeli besi yang akan digunakan. Jika anda menggunakan beton dengan ukuran yang besar maka anda harus menambah jumlah besi beton yang ingin dibeli. Kedua jenis besi tersebut saat ini  sudah aman karena terdaftar dalam kategori SNI tetapi penting untuk mengecek merek besinya juga.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *