Cara Membaca Fermometer

Fermometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu fermentasi. Fermometer ini akan mengukur suhu minuman yang Anda fermentasi tanpa perlu Anda khawatir minuman Anda akan terkontaminasi, karena pemasangannya yang memang berada di luar wadah tabung kaca yang digunakan untuk memfermentasi. 

Fermometer sangatlah mudah digunakan dan juga mudah pula untuk dibaca. Pemakaiannya yaitu Anda cukup menempelkan fermometer ini pada bagian luar botol atau wadah kaca (carboy) yang akan Anda gunakan untuk menyimpan cairan fermentan Anda. Fermometer ini sendiri memanglah memiliki perekat alami yang dapat memudahkan Anda untuk menempelkannya pada bagian luar wadah yang digunakan untuk proses fermentasi. Anda hanya perlu duduk dan sudah dapat melihat ukuran suhu minuman fermentasi Anda kapanpun yang Anda inginkan.

Tempat terbaik untuk menempelkan fermoneter ini adalah di bagian pertengahan tabung kaca (carboy) yang Anda gunakan. Hal ini dikarenakan pada proses fermentasi, suhu akan mudah naik dan turun.

Anda dapat langsung membaca hasil seperti yang ditunjukkan pada fermometer. Jika kristal fermometer pada bagian yang disorot berwarna hijau, itu menunjukkan angka suhunya. Jika ada kedua bagian kristal berdekatan yang disorot berwarna biru dan cokelat, maka angka suhunya adalah di antara keduanya. 

Ukuran yang tertera pada fermometer adalah Fahrenheit, tidak ada pengukuran Celcius. Jika Anda menghendaki, maka Anda harus menghitungnya secara manual. 

Ferometer akan memberikan Anda informasi mengenai ukuran suhu yang akurat dengan kisaran antara 44-86 derajat Fahrenheit. Ada pula kisaran suhu Lager dan Ale yang tertera pada fermometer tersebut. Anda mungkin akan dengan mudah membaca ukurannya dan mengetahui perbedaannya meskipun hanya sekitar 1 derajat. 

Seperti yang homebrewers ketahui bahwa 1 derajat saja akan sangat berpengaruh terhadap cita rasa akhir dari produk minuman fermentasi yang akan dibuat.

Terkadang, pengguna mengeluhkan mengapa fermometer tidak bisa terbaca. Hal itu mungkin disebabkan karena fermometer berada dalam kondisi basah. Jika hal ini terjadi, maka hal yang harus Anda lakukan adalah menunggunya hingga kering untuk dapat melihat ukuran yang pas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *