Cara Memilih Besi Beton ketika Transaksi Beli atau Jual Besi Beton

Banyaknya ketersediaan besi beton Jakarta di pasaran terkadang membuat kita sebagai konsumen kebingungan mengenai tata cara pemilihan besi beton ketika sedang melakukan transaksi beli atau jual besi beton. Tentu sebagai konsumen, Anda hanya ingin yang terbaik, dan memilih yang terbaik dari sekian banyak pilihan juga membutuhkan cara tersendiri dan tidak boleh sembarangan dilakukan. 

Besi beton yang telah ber-SNI

Adanya SNI mengenai besi beton Jakarta yang dijual di pasaran sebenarnya mempermudah pihak konsumen dalam menentukan besi beton terbaik pilihan mereka. Hal ini dengan mengikuti aturan baku yang telah ditetapkan oleh SNI, maka besi beton tersebut telah memiliki kualitas dan standar yang telah terjamin. Harga yang biasanya ditawarkan di pasaran pun mengenai besi beton yang polos maupun besi beton yang bertekstur juga tidak memiliki perbedaan yang cukup jauh. Ada banyak merk terkenal yang memang sudah sesuai dengan standar baku ini, sehingga Anda hanya perlu menanyakan ke pihak penjual apakah besi beton yang ingin Anda beli sudah berstandar SNI atau belum. Jika seandainya belum, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti besi beton tersebut dengan merk yang lain yang telah SNI.

Warna besi beton

Selain memilih besi beton Jakarta yang telah mengikuti standar nasional jual besi beton, hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah warna dari besi beton yang dipilih tersebut. Pada umumnya, terdapat dua kelompok besi beton, yaitu baja tulang deform dan baja tulang polos. Setiap jenis ini memiliki warna-warnanya sendiri. Sebagai contoh, Baja Tulang Deform memiliki kelas besi beton dengan warna merah (35), warna kuning (40), warna biru (30) serta warna hijau (50). Sedangkan untuk jenis Baja Tulang Polos, besi beton yang dimaksud berada pada kelas warna hitam (24) dan warna biru (30). Warna-warna besi beton ini bisa Anda tanyakan juga kepada pihak terkait yang menawarkan beberapa pilihan besi beton kepada Anda. 

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Langkah terakhir ketika sedang memilih besi beton yang diinginkan adalah penyesuaian dengan kebutuhan Anda. Adapun panduan dalam menyesuaikan besi beton terhadap kebutuhan Anda adalah pertama Anda harus memastikan jenis beton yang Anda inginkan, kemudian pilihlah merk yang memang sudah sering digunakan, lalu cari tahu mengenai harga yang biasanya sering ditawarkan agar tidak tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, serta perhatikan kembali spesifikasi besi beton dari pihak penjual agar tegangan yang dihasilkan dari besi beton tersebut pas dengan kebutuhan. 

Sekali lagi memilih besi beton dapat dikatakan menjadi hal yang gampang-gampang susah. Mengingat semakin banyaknya ketersediaan besi beton di pasaran, sebagai calon konsumen juga perlu waspada dan hati-hati agar tidak tertipu terutama masalah harga jual besi beton yang melambung tinggi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *