7 Kualifikasi yang Dibutuhkan sebagai Cara Menjadi Agen Asuransi

Banyak yang bingung mengenai cara menjadi agen asuransi. Tidak perlu lagi, di bawah ini akan dibahas kualifikasi yang harus dimiliki:

1. Minimal Memiliki Pendidikan Setara S1 dan Jurusan Berkaitan dengan Pekerjaan

Pertama, adalah latar belakang pendidikan. Biasanya untuk menjadi agen asuransi, kualifikasinya adalah pendidikan yang berkaitan dengan asuransi ini seperti lulusan marketing, ekonomi bisnis, komunikasi dan lain sebagainya. Banyak yang mencari lulusan S1, walaupun terkadang juga ada yang menerima D3.

2. Biasanya Dicari Usia yang Tidak Terlalu Muda dan Tidak Terlalu Tua

Selanjutnya, Akan dicari juga yang memiliki rentang usia tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua. Biasanya dicari sekitar usia 23 sampai 30 tahun. Hal ini dikarenakan untuk menjadi agen asuransi harus memiliki penampilan yang menarik dan juga harus energik. Jangan sampai pelanggan hilang dan tidak mau menggunakan asuransi hanya karena penampilan dari agen tersebut.

3. Biasanya Dicari yang Berpengalaman di Bidang Marketing

Yang berikutnya juga banyak recruiter yang mencari agen asuransi dengan pengalaman minimal 1 sampai 2 tahun di bidang marketing. Dengan pengalaman tersebut maka akan lebih mudah dalam melakukan pekerjaan walaupun nantinya akan diberikan suatu pelatihan agar lebih matang dan dapat bekerja dengan giat dan menghasilkan keuntungan perusahaan.

4. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Bagus

Kualifikasi yang selanjutnya  dan yang paling penting adalah kemampuan di dalam komunikasi. Sebagai agen asuransi harus memiliki komunikasi yang sangat baik sehingga orang yang mendengarkannya menjadi lebih paham dan lebih mengetahui apa yang ia bicarakan. Tidak semua orang memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

5. Memiliki Kemampuan untuk Melakukan Presentasi

Kualifikasi yang harus dimiliki lainnya adalah memiliki kemampuan untuk melakukan presentasi. Tidak hanya pintar bicara saja akan tetapi juga harus pintar untuk presentasi. Presentasi penting untuk mengenalkan berbagai produk., keuntungan, kekurangan, dan informasi yang lainnya kepada para pelanggan sehingga mereka bisa lebih mengenal perusahaan dan juga jenis asuransi yang ditawarkan.

6. Memiliki Kemampuan Persuasif yang Baik 

Kemampuan komunikasi dan juga kemampuan presentasi juga masih sangat kurang sebab Anda juga harus pintar melakukan penawaran. Hal ini dilakukan untuk bisa memberikan orang pengertian namun juga bisa membuat mereka tertarik dengan perusahaan. Sebagai agen asuransi, Anda adalah ujung tombak yang bisa menjual produk perusahaan kepada orang lain.

7. Terkadang Juga Diperlukan Kemampuan Berbahasa Asing

Terkadang, ada juga perusahaan yang meminta pelamarnya memiliki kemampuan di bidang bahasa asing. Sebab untuk asuransi swasta biasanya seringkali memberikan layanan kepada berbagai masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri sehingga diperlukan kemampuan berbahasa yang lain. Misalnya adalah bahasa inggris, mandarin, dan bahasa yang lain yang sering digunakan.

Demikian kualifikasi yang harus dimiliki sebagai salah satu cara menjadi agen asuransi. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *