Ketentuan Dan Cara Menjadi Marketing Asuransi Handal

Asuransi bukanlah usaha yang baru ada di Indonesia, usaha ini semakin hari semakin meningkat dibuktikan dengan jumlah perusahaan asuransi yang banyak memberikan layanan asuransi dengan produk bermacam-macam. Perusahaan berusaha unuk meningkatkan layanan dengan cara memberikan kepuasan terhadap klien. Jika anda memutuskan untuk menjadi marketing asuransi, mulailah dengan mencari informasi terkait ketentuan dan cara menjadi marketing asuransi handal

Ketentuan marketing asuransi 

Berdasarkan pasal 1 ayat 10 No. 2 tahun 1992 menyatakan bahwa agen asuransi adalah seseorang yang menawarkan jasa asuransi untuk dan atas perusahaan asuransi tersebut. Selain itu tugas marketing asuransi sudah memiliki tugas tersendiri yang tercatat di pasal 27 dalam PP No. 73 tahun 1992 yaitu marketing asuransi hanya boleh bekerja di satu perusahaan yang sudah tercatat namanya dan harus jelas ketika memberikan penjelasan terkait produk kepada klien. 

Ketentuan diatas sangat jelas tentang kewajiban dari marketing asuransi. Hal ini membuktikan bahwa jaminan asuransi sangat penting. 

Cara menjadi marketing asuransi handal 

Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk menjadi marketing asuransi sebelum melamar sebagai marketing asuransi. Di bawah ini adalah cara menjadi marketing asuransi handal: 

1. Harus bergabung dengan perusahaan asuransi 

Ketika anda ingin menjadi marketing asuransi handal, anda harus sudah bergabung secara resmi di perusahaan tersebut. bergabunglah dengan perusahaan yang terpercaya dan memiliki kredibilitas tinggi. Hal ini akan memudahkan anda dalam menjalankan pekerjaan anda, perusahaan yang sudah banyak dikenal akan lebih mudah mendapat klien dibandingkan yang masih merintis atau baru. 

2. Menguasai produk yang ditawarkan 

Anda tidak akan terlepas dari sebuah produk asuransi, yang pertama wajib anda lakukan adalah mengetahui segala informasi terkait produk misalnya manfaat, keuntungan dan segala peraturan dari penggunaan produk. Jika anda tidak yakin dengan kualitas dari produk asuransi sebaiknya jangan dijualkan kepada klien. 

3. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik 

Tentu saja cara menjadi marketing asuransi handal, mampu berkomunikasi dengan baik dengan klien. Anda akan dilihat cara bicara dan presentasi terkait produk kalau komunikasi anda kurang maka anda akan kesulitan. 

Banyak klien yang kritis dan aktif sehingga anda harus mampu mengimbangi klien. 

4. Menjadi pendengar yang baik 

Jangan terlalu mendominasi pembicaraan, anda sebagai marketing asuransi juga harus mendengarkan apa yang diinginkan oleh klien. 

5. Yakin kepada kemampuan anda 

Sebelum anda menyakinkan orang lain, anda harus yakin terhadap diri anda sendiri dahulu. Yakin dengan kemampuan anda dalam menjual produk asuransi tersebut. dengan menjadi marketing asuransi, kredibilitas anda sebagai seorang marketing asuransi akan dipertanyakan oleh karena itu anda harus menunjukkan profesionalisme dan memperlakukan klien dengan baik. 

Ketika anda sudah percaya diri, maka klien juga akan percaya dan penjualan asuransi akan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *