CONVERSATIONAL COMMERCE DAPAT MENINGKATKAN PENJUALAN

Berinteraksi dengan pelanggan adalah hal penting dalam bisnis. Sebelum membeli produk/jasa, pelanggan pasti bertanya banyak hal kepada penjual terkait produknya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa apa yang akan mereka beli sesuai dengan kebutuhan. Interaksi seperti ini haruslah dilakukan dengan baik dan benar kepada pelanggan sehingga penjualan bisa meningkat.  Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan conversational commerce.

Penjualan meningkat dengan conversational commerce 

Dalam berbisnis online, semua deskripsi produk akan ditampilkan dengan jelas di katalog. Namun, bagi pelanggan hal ini tidak cukup, akan lebih baik jika pelanggan berkomunikasi langsung dengan penjual. Hampir semua toko online tentu sudah memberikan nomor telepon ataupun alamat email untuk menangani pertanyaan pelanggan. Kekurangannya adalah mungkin tidak bisa melayani secara real time. Untuk itu, salah satu pilihan terbaik yaitu dengan menggunakan conversational commerce atau chat commerce. 

Layanan online chat memang sangat dibutuhkan dan keberadaannya pun cukup populer. Menurut sebuah riset dari econsultancy bahwa 83% customer memerlukan bantuan saat akan bertransaksi online. Banyak diantara mereka menganggap bahwa layanan chat ini adalah fitur yang harus ada dalam setiap bisnis online atau situs e-commerce. Jika pelanggan merasa puas dengan layanan costumer service, maka hal ini tentu akan menggiring ke arah positif yaitu melakukan pembelian. Semakin banyak customer yang merasa mudah berbelanja di anda, maka mereka akan semakin sering melakukan pembelian di anda. Bahkan, bukan tidak mungkin untuk melakukan repeat order.

Pemanfaatan chat commerce ini tidak hanya dilakukan oleh para pebisnis kecil, brand besar pun juga melakukan hal ini. Tak heran jika penjualan terus meningkat dalam kondisi apapun. Menurut survei Facebook dan BCG, kurang lebih 94% konsumen Indonesia lebih yakin untuk membeli produk jika penjualnya responsif dengan chat. Artinya, sebagai penjual anda harus cepat tanggap terhadap chat yang masuk karena adanya chat commerce ini memang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Proses pembelian akan terjadi di dalam chat commerce ini, mulai dari mencari informasi, melaksanakan evaluasi bahkan transaksi yang dilakukan. Dengan adanya chat, baik penjual maupun pembeli akan sama-sama nyaman dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *