Tips Menjaga Kesuburan Wanita untuk Program Hamil dengan Femometer Digital

Masa subur adalah faktor penting yang harus Anda ketahui jika sedang merencanakan kehamilan. Dengan mengetahui masa subur secara akurat menggunakan femometer digital, Anda akan lebih mudah dalam menyiapkan kehamilan.

Setiap wanita yang masih berada dalam masa reproduksi pasti akan mengalami menstruasi. Nah, awal siklus menstruasi inilah yang menjadi patokan dalam menghitung masa subur. Pada siklus menstruasi yang berlangsung selama 21 – 35 hari akan terjadi pematangan sel telur di ovarium yang siap untuk dibuahi. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesuburan.

Tips Menjaga Kesuburan Pada Wanita

Mendeteksi masa subur dengan femometer digital memang penting, namun menjaga dan meningkatkan kesuburan pada wanita tak kalah pentingnya. Apalagi jika mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi tingkat kesuburan wanita.

  • Tenangkan diri

Stres tidak baik untuk Anda yang berada dalam masa program hamil. Sebab stres emosional dapat mempengaruhi hormon dan mengganggu siklus menstruasi. Dampaknya, Anda akan kesulitan menentukan masa subur.

Oleh karenanya, cobalah untuk menenangkan diri dengan melakukan meditasi, melakukan kegiatan yang menyenangkan, atau berolahraga untuk mengurangi stres. Namun, perlu diperhatikan bahwa olahraga berlebihan pun tidak baik untuk kesuburan. Untuk kondisi stres yang berlebih dan tidak dapat diatasi sendiri, Anda dapat melakukan konsultasi dengan psikiater atau psikolog untuk memperoleh penanganan lebih tepat.

  • Jaga berat badan agar tetap ideal

Cara berikutnya untuk menjaga kesuburan di masa program kehamilan adalah menjaga berat badan agar tetap ideal. Kadar lemak dalam tubuh wanita sebaiknya tidak lebih dari 10 – 15 persen dari berat badan. Sebab, wanita yang memiliki kadar lemak berlebihan dapat mengalami gangguan kesuburan.

Meski begitu, Anda tak perlu melakukan diet ekstrem yang membuat berat badan turun secara drastis. Tubuh yang kehilangan berat badan dan terlalu kurus akan kehilangan nutrisi, dan ini berdampak pada kesuburan organ reproduksi dan rahim Anda.

  • Rajin kontrol ke dokter 

Bagi Anda yang memiliki riwayat medis tertentu dan dapat mempengaruhi kesuburan, maka Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter. Beberapa penyakit yang bisa mempengaruhi kesuburan wanita diantaranya adalah tiroit, diabetes, hingga lupus.

  • Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol

Anda akan kesulitan menentukan masa subur sekalipun menggunakan femometer jika tidak menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Hal ini dikarenakan merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebih dapat menurunkan kesuburan. Selain perokok aktif, perokok pasif pun berisiko terganggu kesuburannya.

Selain rokok, penting pula untuk menghindari konsumsi alkohol. Mengonsumsi alkohol berlebih dapat mempengaruhi kesuburan rahim Anda.

Demikianlah empat tips yang dapat Anda terapkan untuk mempersiapkan kehamilan. Setelah menerapkan tips di atas, jangan lupa untuk mengecek masa subur dengan femometer digital agar mendapatkan waktu yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *