Bagaimana Tahapan Mengurus Hak Paten di Indonesia?

Memproduksi sebuah produk atau merek skincare, hal yang wajib diperhatikan pertama kali adalah harus memiliki hak paten. Sesuai dengan Pasal 1 dalam UU No. 13 Tahun 2016 menyatakan bahwa hak paten merupakan hak eksklusif yang akan diberikan oleh Negara kepada pemilih produk untuk jangka waktu yang sudah ditentukan. Saat ini sudah terdapat jasa pengurusan hak paten skincare.

Tahapan pengurusan hak paten 

Cara melindungi produk skincare, adalah  dengan memiliki hak paten. Pengurusan hak  paten akan lebih sulit apabila anda tidak paham terkait apa yang dibutuhkan dan jika terjadi penolakan dokumen tentu akan membuat lebih ribet lagi. Oleh karena itu, melakukan riset untuk menemukan jasa pengurusan hak paten skincare terbaik dan berpengalaman wajib dilakukan. 

Dengan banyaknya manfaat yang didapat dari memiliki hak paten produk, mengurus hak paten harus diutamakan. Di bawah ini cara untuk mendaftarkan hak paten di Indonesia: 

  1. Mengisi formulir permohonan yang sudah disiapkan. Formulir berkaitan dengan identitas diri, ciri-ciri produk, nama produk, dan lainnya. Semua harus diisi dengan benar dan teliti. Pendaftaran bisa dilakukan secara online dan offline. 
  2. Melengkapi KTP, surat kuasa, surat kepemilikan dan fotokopi akte pendirian perusahaan. 
  3. Periksa dengan teliti semua berkas dan dokumen, jika masih belum lengkap harus dilengkapi terlebih dahulu.
  4. Menunggu pengumuman apakah permohonan diterima atau tidak. Biasanya waktunya bisa hingga 1 tahun 5 bulan atau lebih. Dalam waktu tersebut, pihak pemohon bisa mengajukan banding. 
  5. Jika sudah dinyatakan lulus, anda akan diminta untuk mengisi bukti pembayaran dan formulir khusus.
  6. Pemohon akan mendapatkan sertifikat paten atas produk skincare yang dimiliki. 

Keuntungan menggunakan jasa pengurusan hak paten

Penggunaan jasa pengurusan hak paten skincare sudah banyak dilakukan oleh banyak orang yang ingin mendapatkan sertifikat paten akan sebuah produk. Terdapat beberapa keuntungan kenapa harus menggunakan jasa pengurusan hak paten skincare:

  1. Mudah dan praktis 

Orang yang bekerja di jasa tersebut tentu sudah berpengalaman mengurus dokumen dan keperluan terkait pendaftaran hak paten. Oleh sebab itu, penggunaan jasa akan jauh lebih mudah dan praktis. 

2. Harga terjangkau 

Harga pengurusan jauh lebih terjangkau karena pengajuan hak paten akan lebih besar kemungkinan diterimanya daripada ditolak karena pengalaman jasa tersebut. 

3. Mendapat informasi lengkap 

Tim pengurus hak paten akan memberikan informasi yang lengkap terkait hak paten dan ditangani hingga mendapat sertifikat paten. Tidak jarang dokumen ditolak oleh DJKI atau kantor kewilayahan pada saat ingin mendaftarkan hak paten, inilah peran dari jasa untuk bisa menangani kendala tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *