Rumah Domus, Rumah Permanen yang Instan

Karena banyaknya masyarakat Indonesia yang masih belum mengetahui tentang Rumah Domus, alhasil banyak pertanyaan tentang rumah domus dari mereka. Dan dibawah ini, ada beberapa hal yang bisa menambah pengetahuan kalian tentang metode rumah domus. 

Tentang Rumah Domus

Rumah Domus disebut rumah instan permanen yang dikenal bisa memberi kemudahan bagi yang memiliki lahan tapi masih bingung bagaimana cara membangunnnya dengan waktu yang tidak terlalu lama, serta irit pemakaian bahan bangunannya dan dapat cepat ditinggali. 

Rumah Domus juga memiliki beberapa fakta, diantaranya, 

  1. Harganya Terjangkau

Rumah ini termasuk rumah tipe kecil, dari tipe 21, 29, 36, sampai 45 yang memiliki harga lebih terjangkau. Mungkin ini cocok bagi kalian yang ingin bangun rumah tapi budget nya tidak terlalu banyak.

2. Pasokan Banyak

Jika kalian melihat proyek beberapa perumahan, kalian pasti bisa melihat pasokan rumah tipe kecil yang cukup banyak per proyek. Stok rumah tipe kecil sendiri dapat mencapai 50%. Jadi, pilihan kalian bisa lebih banyak. 

3. Biaya lebih Efisien

Karena rumah domus adalah tipe rumah yang kecil, jadi kalian tidak perlu memikirkan biaya untuk pembantu rumah tangga yang banyak, karena cukup satu saja bisa. 

Lalu, penggunaan air dan listrik pun lebih hemat karena tidak perlu listrik dengan daya tinggi. Jadi, pengeluaran untuk pembantu rumah tangga, air, dan listrik jadi lebih hemat dari biasanya. 

4. Perawatan Lebih Mudah

Karena rumah metode rumah domus ini termasuk rumah ceil, tentu akan memudahkan kalian membersihkan perabotannya dengan lebih mudah dan praktis. Jadi, kalian tidak perlu kerepotan walaupun tanpa pembantu rumah tangga sekalipun. 

5. Permintaan Rumah Kecil yang Ada Selalu

Jika ingin investasi, rumah tipe kecil dapat lebih mudah dijual karena kebutuhan rumah pertama bagi pasangan batu akan terus tinggi. 

Dan hal ini dapat memudahkan kalian jika nantinya ingin membuat rumah tersebut menjadi tempat investasi yang aktif dimana rumah ini nantinya akan mudah dijual maupun disewakan.

Termasuk Rumah Tumbuh Horizontal

Rumah tumbuh sendiri adalah sebuah istilah dalam pembangunan rumah yang akan dilakukan secara bertahap serta terencana sesuai dengan budget yang ada. Ada dua macam desain rumah tumbuh, yaitu jenis Vertikal dan Horizontal.

Rumah Domus sendiri diketahui termasuk rumah tumbuh Horizontal. Yaitu, rumah tumbuh yang ke samping. Hal ini dilakukan bagi orang-orang yang memiliki lahan cukup kuas, jadi masih memiliki banyak ruang kosong yang bisa dipakai untuk mengembangkan rumah sesuai kebutuhan masing-masing. 

Walaupun begitu, kedepannya rumah domus sendiri akan dikembangkan lagi untuk bisa menjadi rumah tumbuh vertikal.

Syarat dan Ketentuan

Apapun yang dikerjakan sebelumnya pasti memerlukan beberapa syarat dan ketentuan. Dam membicarakan tentang rumah instan metode rumah domus, ada syarat dan ketentuan yang harus kalian ikuti sebelum memulai bangun rumah domus,

  1. Mempunyai lahan yang nantinya dibangun rumah permanen instan.
  2. Telah mempersiapkan pondasi rumah.
  3. Telah menyiapkan septic tank.
  4. Menyiapkan air dan listrik.

Menyiapkan lantai kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *