Cara Manajemen Marketplace Multichannel Agar Tetap Mendapatkan Banyak Pelanggan

Multichannel marketplace management memang wajib untuk anda ketahui dengan baik. Hal tersebut agar bisnis yang anda jalankan tersebut bisa berjalan optimal dan mempunyai kesempatan buat memperoleh lebih banyak pelanggan dari berbagai macam saluran  yang mereka pilih. 

Tidak bisa dipungkiri apabila cara berbelanja masyarakat memang mengalami perkembangan yang cukup signifikan seiring dengan berke   mbangnya teknologi  dan internet. Banyak orang lebih suka berbelanja secara online dibandingkan secara konvensional. Karena berbelanja online memberikan banyak keuntungan dimana bisa berbelanja lebih praktis hingga membandingkan harga. 

Apa itu marketplace multichannel

Karena kebiasaan berbelanja online masyarakat yang semakin tinggi itulah, membuat para pelaku usaha online juga harus memutar otak agar produk yang mereka miliki bisa terjual. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bisnis marketplace multichannel ini. 

Sesuai dengan namanya, model bisnis ini sendiri akan memanfaatkan beberapa channel platform marketplace untuk bisa tetap terhubung dengan pelanggan. Disinilah, anda harus membuka toko satu per satu melalui platform marketplace yang berbeda. ini adalah cara klasik  yang sudah ada sebelum hadirnya omnichannel. 

Walaupun demikian, metode ini ternyata masih banyak digunakan oleh masyarakat karena mampu memberikan keuntungan yang lebih. Setiap saluran sendiri memberikan peluang pembelian secara terpisah. Ini tentu akan menguntungkan pelanggan juga karena mereka bisa membeli produk melalui saluran yang mereka sukai. 

Bagaimana strategi manajemen marketplace multichannel 

Agar bisnis multi channel yang anda miliki tersebut bisa berhasil maka  anda harus mengetahui strategi dalam melakukan manajemen di dalamnya. Berikut beberapa strategi manajemen marketplace multichannel 

  1. Pastikan menyediakan informasi sama di semua saluran 

Strategi pertama yang wajib untuk anda terapkan adalah pastikan menyediakan informasi sama pada semua saluran. Seperti informasi terkait harga, ketersediaan produk hingga lokasi outlet terdekat apabila ada. Jangan sampai informasi yang diberikan pada setiap saluran berbeda-beda karena akan membuat calon konsumen bingung. 

  1. Menawarkan layanan pelanggan sama 

Selain cara manajemen di atas, sebaiknya anda juga harus menawarkan layanan pelanggan sama.  Seperti memberikan mereka kemudahan untuk berkomunikasi melalui telepon, email, live chat hingga social media. Yang perlu anda ingat adalah masing-masing channel mempunyai harapan yang sama 

  1. Merk yang sama 

Langkah terakhir agar bisnis multi channel bisa berlangsung dengan baik adalah pastikan apabila menggunakan merek yang sama secara konsisten. Hal ini juga sangat penting untuk menjaga kepercayaan para pelanggan. Jangan sampai anda menjual produk yang berbeda untuk setiap salurannya. 

Bisnis marketplace multi channel memang sedang ngetren belakangan ini. sebab model bisnis ini akan memberikan peluang keuntungan yang lebih besar dibandingkan hanya mempunyai satu toko di satu saluran saja. Pastikan anda mengetahui bagaimana multichannel marketplace management yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *